UPAYA PEMBIASAAN MEMILAH SAMPAH DAN PEMANFAATANNYA

LATAR BELAKANG

SAMPAH ADALAH SALAH SATU PERMASALAHAN DI LINGKUNGAN SMP TEMA. WARGA SEKOLAH TAHU BAHWA SAMPAH TERDIRI ATAS SAMPAH ORGANIK DAN SAMPAH ANORGANIK. NAMUN WARGA SEKOLAH BELUM SEMUA MEMILIKI KESADARAN UNTUK MEMILAH SAMPAH-SAMPAH YANG ADA DI SEKOLAH SEHINGGA TERCAMPUR ADUK. TENTUNYA KONDISI INI MENYEBABKAN PENGELOLAAN LIMBAH DAN SAMPAH HANYA BUANG DAN PERGI KE TPA. SELAIN ITU, WARGA SEKOLAH JUGA BELUM BISA MENENTUKAN MANA SAJA BENDA YANG BISA DIMANFAATKAN LAGI AGAR TIDAK MENAMBAH BANYAK SAMPAH DI SEKOLAH.

PENGGUNAAN PLASTIK DALAM KEGIATAN KONSUMSI JUGA MARAK TERJADI DI SMP TEMA. PARA PENJUAL DAN WARGA SEKOLAH MASIH MENGGUNAKAN PLASTIK DI BERBAGAI ACARA. HAL INI MENYEBABKAN SAMPAH PLASTIK BANYAK DAN KONDISINYA BASAH SERTA TIDAK TERATUR. MASALAH INI PERLU DIATASI DENGAN UPAYA PEMBIASAAN MEMAKAI GELAS ATAU PIRING YANG BISA DIPAKAI LAGI. JIKA DAPAT DI KELOLA DENGAN BAIK,SAMPAH TIDAK AKAN MENJADI POTENSI YANG BERPENGARUH TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH.

DARI PERMASALAHAN DI ATAS, TENTUNYA SEKOLAH BERINISIATIF MEMBUAT SUATU GERAKAN YANG BERTUJUAN AGAR WARGA SEKOLAH BISA MEMILAH SAMPAH DAN MEMANFAATKANNYA DENGAN PRINSIP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)

APA 3R ACTION!

3R ACTION! ADALAH GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN KHUSUSNYA SAMPAH YANG DICANANGKAN OLEH SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING. GERAKAN INI DIMULAI DARI IDENTIFIKASI MASALAH SAMPAH DI TEMA SEHINGGA WARGA SEKOLAH PAHAM HAL-HAL APA SAJA YANG TELAH DILAKUKAN NAMUN MEMBERIKAN DAMPAK KURANG BAIK BAGI LINGKUNGAN SEKOLAH.

SETELAH PAHAM DENGAN MASALAHNYA, KEMUDIAN WARGA DIAJAK MEMBEDAKAN JENIS-JENIS SAMPAH DAN PENGELOMPOKANNYA BERDASARKAN PEMANFAATANSUDAH SAATNYA PERUBAHAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DILAKUKAN. PENGELOLAAN SAMPAH YANG BAIK TENTU DAPAT MENGURANGI DAMPAK NEGATIF NYA PADA KESEHATAN,LINGKUNGAN DAN KEINDAHAN,SELAIN SEBAGAI PENCEGAHAN KUMUH.

3R ACTION MENJADI CARA TERBAIK DALAM MENGELOLA DAN MENANGANI SAMPAH.PENERAPAN NYA MENJADI SALAH SATU SOLUSI TEPAT PENGELOLAAN SAMPAH DISAMPING MENGELOLA NYA MENJADI PUPUK KOMPOS.SELAIN ITU SISTEM 3R INI DAPAT DILAKSANAKAN OLEH SEMUA WARGA SMP TERPADU MA’ARIF GUBUNGPRING DALAM KEGIATAN SEHARI HARI.

REDUCE,UNTUK MENGURANGI SEGALA SESUATU YANG MENGAKIBATKAN SAMPAH,DI AWAL TAHUN AJARAN BARU SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MEMBAGIKAN KEPADA SETIAP ANAK PAKET ALAT MAKAN YANG DI GUNAKAN UNTUK MEMBELI MAKANAN DAN MINUMAN. HAL TERSEBUT MERUPAKAN SALAH SATU USAHA GUNA MENGURANGI PENGGUNAAN SAMPAH PLASTIK.

Saat kegiatan Market Day

REUSE,MENGGUNAKAN KEMBALI SAMPAH YANG MASIH DAPAT DIGUNAKAN UNTUK FUNGSI YANG SAMA ATAU FUNGSI-FUNGSI LAINNYA. DALAM PENERAPAN NYA ,SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MENGGUNAKAN MEDIA TANAM DARI BOTOL-BOTOL BEKAS,KALENG CAT YANG SUDAH DIGUNAKAN,DAN KAIN BEKAS YANG DIKREASIKAN SEMENARIK MUNGKIN DENGAN SENTUHAN SENI. DENGAN KREATIVITASNYA, SISWA-SISWI SMP TERPADU MAARIF GUNUNGPRING BISA MENCIPTAKAN BUNGA TIRUAN DENGAN PLASTIK SERTA KALENG BEKAS SEBAGAI POTNYA. SELAIN ITU, SEKOLAH JUGA SELALU MENGGUNAKAN KERTAS BEKAS UNTUK MEMBUAT AMPLOP SERTA DIPAKAI KEMBALI UNTUK PRINT FILE ATAU CORET-CORETAN

Penggunaan amplop berulang

RECYCLE,MENGOLAH KEMBALI SAMPAH MENJADI BARANG/PRODUK BARU YANG BERMANFAAT.DISINILAH WARGA SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MULAI MEMILAH SAMPAH NON ORGANIK UNTUK DIOLAH MENJADI BARANG YANG BERMANFAAT. BANYAK JUGA BARANG-BARANG YANG BISA DIBUAT DARI SAMPAH-SAMPAH NON ORGANIK SEPERTI KALENG DAN BOTOL.SINGKATNYA SISWA-SISWI SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING BISA MENYULAP SAMPAH YANG ADA MENJADI BARANG YANG MEMILIKI NILAI SENI DAN BAHKAN NILAI JUAL.

KHUSUS SAMPAH-SAMPAH ORGANIK DAPAT DIJADIKAN PUPUK ORGANIK YANG RAMAH LINGKUNGAN.MENGUBAH SAMPAH ORGANIK YANG ADA DAPAT MEMBAWA KEUNTUNGAN TERSENDIRI.PUPUK YANG BERASAL DARI SAMPAH ORGANIK NANTINYA AKAN DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN SEKOLAH ITU SENDIRI BAHKAN UNTUK DIJUAL.

SELAIN ITU,MENGUBUR SAMPAH JUGA MERUPAKAN SALAH SATU CARA DALAM PENGELOLAAN LIMBAH.METODE INI SANGATLAH EFEKTIF DAN EFISIEN DALAM HAL MENGURANGI TIMBUNAN SAMPAH.PENGUBURAN SAMPAH DAPAT DILAKUKAN DI TANAH YANG DITINGGALKAN ATAU LUBANG BEKAS.SUATU TEMPAT PENGUBURAN YANG DIKELOLA DENGAN BAIK MENGHASILKAN TEMPAT PEMBUANGAN YANG HIGIENIS DAN MURAH.PENGUBURAN SAMPAH MENGHINDARKAN KONTAK SAMPAH DENGAN LAPISAN ATMOSFER.SAMPAH YANG TEREKSPOS LANGSUNG DAPAT MENIMBULKAN BAU TAU SEDAP,PEMANDANGAN YANG TIDAK MENARIK DAN SARANG UNTUK BERBAGAI JENIS MIKROORGANISME DAN MAKROORGANISME PENYEBAB DAN PEMBAWA PENYAKIT.

TIDAK SEMUA SAMPAH TIDAK BERGUNA, JIKA KITA MAMPU MENGOLAH SAMPAH DENGAN BAIK MAKA TIDAK HANYA LINGKUNGAN YANG BERSIH, INDAH, RAPI, TAPI JUGA BISA MENDATANGKAN KEUNTUNGAN EKONOMI DARI SAMPAH ITU SENDIRI. PADA INTINYA DARI SAMPAH-SAMPAH TERSEBUT, KITA MASIH BISA MEMANFAATKANNYA DENGAN CARA 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE). OLEH KARENA ITU, MARI KITA MULAI UNTUK MEMANFAATKAN DAN MENDAUR ULANG SAMPAH DEMI MENCIPTAKAN SUATU PRODUK BARU YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK KEBUTUHAN LAINNYA.

CINTAI LINGKUNGAN MU DENGAN MENJAGA KEBERADAAN NYA DAN KELESTARIANNYA.BILA DEMIKIAN, SUDAH DIPASTIKAN LINGKUNGAN AKAN MEMBAWAMU BERKAH DI KEHIDUPAN.

SALAM 3R DARI SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING….