Komite Sekolah Hibahkan Bibit Pepaya Jepang

Pada hari Ahad, 21 Februari 2021, komite sekolah yang diwakili bapak Umar Harjani dan Suroyo menghibahkan bibit pepaya jepang kepada bapak kepala sekolah. Ini adalah salah satu bentuk partisipasi komite sekolah dalam mensukseskan program adiwiyata dalam hal penghijauan.

Pepaya Jepang Cnidoscolus aconitifolius (Chaya) adalah pohon yang terkenal manfaat daunnya. Meski namanya Jepang, namun pohon ini berasal dari Meksiko dan Guatemala. Dalam Journal of Medicinal Plants Research, berikut kandungan gizi daun pepaya jepang dalam 100 gram.

Daun pepaya jepang termasuk tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis dan lembab.

Berikut ini adalah manfaat daun pepaya jepang :

  1. Membantu pembentukan otot
  2. Digunakan sebagai obat tradisional
  3. Mencegah anemia
  4. Meningkatkan kesehatan tulang
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemudian bibit pohon ini ditanam oleh warga sekolah di daerah dekat masjid sekolah

Daun pepaya jepang harus diolah dengan benar. Dari Cambodia Harvest, daun pepaya jepang harus dimasak sampai matang. Hindari mengonsumsi Chaya secara mentah karena daun tersebut mengandung glikosida sianogenik. Senyawa tersebut adalah racun alami yang berada dalam daunnya. Namun, tidak perlu khawatir, racun tersebut akan hilang bila dimasak dengan air mendidih selama 15 menit. Air rebusan daun pepaya jepang juga bisa dimanfaatkan sebagai sup atau diminum sebagai teh.