Hari lahirnya dan wafatnya manusia sempurna, manusia yang diciptakan dari Nur, penyempurna agama Allah, nabi akhir zaman yaitu baginda Nabi Muhammad Saw, yaitu12 Rabiul awal yang jatuh pada19 Oktober 2021.

Selain itu, 22 Oktober 2021 diperingati hari Santri Nasional di Indonesia. Bermula dari perlawanan terhadap penjajah, ada peran ulama dan para santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Santri dan pesantren tak lepas berjuang demi membela kemerdekaan Indonesia. Lantaran jasa dan perjuangannya di masa lalu, pemerintah akhirnya menetapkan Hari Santri untuk diperingati setiap tahunnya.

SMP Terpadu Ma’arif merupakan sekolah berbasis semi pesantren yang kurikulumnya dipadukan antara pendidikan umum dengan pedidikan agama. SMP Terpadu Ma’arif merupakan sekolah yang mengedepankan pendidikan agama. Maka dari itu SMP Terpadu Ma’arif selalu mencoba memberikan contoh pelajaran berkaitan dengan hari-hari besar dalam Islam dan hari-hari penting dalam sejarah Indonesia agar siswa-siswi SMP Terpadu Ma’arif mengenal dengan baik sejarah Islam serta mencintai Nabinya dan mencintai negaranya. Salah satu cara untuk menunjukkan kecintaaan kita kepada Nabi besar Muhammad Saw adalah dengan selalu mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Pada tanggal 22 oktober 2021 hari Jumat SMP Terpadu Ma’arif mengadakan perayaan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw dan Hari Santri Nasional. Karena masih dalam kondisi pandemi acara pun hanya diikuti oleh beberapa murid SMP, yaitu kelas VII dan para guru karyawan SMP Tema. kelas VIII dan kelas IX mengikuti acara tersebut melalui siaran langsung di youtube.


Acara Peringatan Maulid Nabi dan hari Santri dilaksanakan di Musola SMP Tema. Dalam acara tersebut diisi oleh beberapa murid SMP Tema yaitu pembawa acara oleh Alifia Ghina murid kelas IX A, pembacaan ayat suci al Qur’an oleh Riswanda murid kelas IX C dan penampilan baca puisi oleh Yosita Azzahra murid kelas VII B dan pidato oleh Salsabila Anjali murid kelas VIII C. Selain itu pada acara tersebut juga diisi dengan pembacaan maulid Simtudduror yang diiringi dengan rebana oleh tim Hadroh dari pondok Nurul Falah. Di akhir acara diisi dengan mauidhoh hasanah oleh Bapak Kyai Muhammad Kholilurrohman dari Pringasri. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan saat-saat sebelum lahirnya Nabi Muhammad Saw. dan kejadian-kejadian saat lahirnya Nabi Muhammad Saw.

Pembukaan oleh MC Alifia Gina
Pembacaan ayat suci Al Quran
Pembacaan Puisi



Bapak Kyai Muhammad Kholilurrohman menyampaikan, sebelum Nabi lahir saat beliau masih dalam kandungan ibunya Ayah beliau wafat saat perjalanan pulang ke Mekkah. Ayah beliau bernama Abdullah bin Abdul Mutholib yang sangat rupawan wajahnya. Dan ibu beliau bernama Aminah binti Wahab yang cantik jelita wajahnya . Kedua orangtua beliau merupakan orang-orang yang bernasab baik di kalangan kaum Quraisy. Ketika masih dalam kandungan Ibunda Aminah bermimpi bertemu dengan manusia-manusia mulia yang mengatakan bahwa bayi yang ada dalam kandungannya adalah manusia yang mulia dan merupakan nabi akhir zaman dan kelak akan menjadi pemimpin umat. Manusia tersebut diantaranya adalah Nabi Adam a.s yang datang kepada ibunda beliau. Saat lahir, semua alam bergembira atas kelahiran beliau, semua bersholawat atas beliau.
Demikianlah ceramah beliau yang menyampaikan tentang sepenggal kisah Nabi Muhammad Saw. yang dapat dipetik oleh kita semua agar kita semua lebih mengenal Nabi akhir zaman dan lebih mencintai lagi beliau serta meneladani akhlak beliau.

Bapak Kyai Muhammad Kholilurrohman

Mubrik Isti’anah, S.Pd.I.
Guru bahasa Arab