Kompetensi Dasar

3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

Indikator

Menggeneralisasi pola dari suatu konfigurasi objek

Menentukan rumus umum pola berdasarkan konfigurasi objek

Menyelesaikan masalah dengan penerapan pola bilangan

Selamat Pagi anak-anak hebat..

Assalamu’alaikum wr wb.. How’s your day?

Mari kita awali kegiatan belajar  matematika dengan berdoa ya.

Kegiatan Pembelajaran

HIDROPONIK

Sebagai salah satu upaya mengembangkan sekolah adiwiyata, SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring melakukan pembudidayaan tanaman dengan cara Hidroponik. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Berikut merupakan contoh menanam hidroponik dengan paralon

Berikut adalah desain untuk membuat rak paralon seperti di atas.

 

Bagaimana anak-anak apakah kalian sudah menemukan jawabannya? Menurut kalian masalah di atas menerapkan pola bilangan apa ya?

Kegiatan yang sudah kalian lakukan sebenarnya adalah penerapan pola bilangan dalam penyelesaian masalah khususnya dalam bentuk konfigurasi objek (rak paralon).