Apa itu kebugaran jasmani?

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang, salah satunya tingkat kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani yaitu kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berati dan masih punya cukup tenaga untuk menikmati waktu luangnya. Jadi semakin bagus tingkat kebugaran jasmani seseorang maka akan semakin kecil resiko orang tersebut terkena penyakit. Kebugaran jasmani memiliki beberapa komponen sebagai berikut:

Kekuatan
yaitu kemampuan seseorang untuk melakukan suatu gaya atau melakukan suatu tahanan terhadap suatu benda.

Daya dahan
yaitu kemampuan sesorang untuk melakukan suatu aktivitas dalam waktu yang relatif lama.

Kecepatan
Kemampuan seseorang untuk berpindah tempat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Daya ledak
yaitu perpaduan antara kecepatan dan kekuatan.

Kelincahan
yaitu kemampuan seseorang dalam merubah arah gerak secepat mungkin tanpa mengalami cedera.

Kelenturan
yaitu kemampuan seseorang meregangkan sendinya seluas-luasnya.

Koordinasi
yaitu kemampuan seseorang dalam menggabungkan beberapa gerakan menjadi gerakan tunggal.

Keseimbangan
yaitu kemampuan seseorang untuk mempertahankan posisi.

Tingkat kebugaran jasmani seseorang dapat berubah-ubah. Banyak faktor yang mempengaruhi kebugaran seseorang, salah satunya intensitas latihan.

Jika dilatih secara teratur, kebugaran juga akan meningkat, tetapi jika lama tidak di latih kebugaran juga akan menurun. Jika kebugaran jasmani menurun maka imunitas tubuh juga akan ikut menurun. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit mudah menyerang tubuh kita. Tubuh kita akan lebih rentan terhadap penyakit. Jika terserang banyak penyakit maka hal ini dapat membahayakan bagi kita.

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, kita tidak bisa beraktivitas sebebas biasanya, kegiatan kita banyak dibatasi karena aturan yang ada.

Dengan dibatasinya kegiatan kita, kebanyakan orang akan menjadi malas untuk bergerak dan berolah raga. Intensita olahraga kita juga akan sangat berkurang. Olahraga-olahraga yang biasa dimainkan di luar ruangan seperti sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, dll tidak bisa dilakukan, hal ini mengakibatkan kebugaran jasmani kita menurun. Jika kebugaran jasmani kita menurun, maka imunitas tubuh kita juga akan menurun. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita terutama dimasa pandemic seperti sekarang ini.

Banyak olahraga yang memang tidak bisa kita lakukan di masa pandemic ini, tetapi bukan berarti kita tidak bisa meningkatkan kebugaran jasmani kita. Da beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani kita, salah satunya dengan berolah raga di dalam ruangan. Latihan yang dilakun cukup sederhana, cukup menggunakan berat badan kita sebagai beban latihan, berikut ini beberapa latihan yang bisa kita lakukan meskipun di dalam rumah

Push up
Push up berguna untuk menguatkan otot lengan dan dada. Push up memiliki berbagai macam variasi tetapi yang akan kita bahas hanya yang umum saja. Cara melakukan push up yaitu: pertama-tama posisikan badan tengkurap dengan telapak tangan menempel di lantai tepat di sebelah dada dan siku di tekuk. Kemudaian luruskan lengan untuk mengangkat badan sampai posisi lengan benar-benar lurus. Setelah lurus kemudian turunkan lagi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Back up
Back up berguna untuk melatih otot pinggang dan punggung. Cara melakukan back up yaitu: pertama-tama posisikan badan tengkurap kemudian taruh kedua tangan di belakang kepala, angkat tubuh bagian atas ke belakang menggunakan otot punggung, lakukan gerakan ini beberapa kali.

Sit up
Sit up berguna untuk menguatkan otot perut. Cara melakukan sit up yaitu: pertama posisikan badan tidur terlentang dan lutut di tekuk hingga membentuk sudut 900. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Angkat tubuh bagian atas sampai mendekati lutut tanpa melapaskan ke dua tangan. Turunkan kembalu tubuh ke posisi awal tanpa menyentuh lantai. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Plank
Plank berguna untuk melatih otot lengan. Cara melakukan plank yaitu: posisikan badan tengkurap. Satukan kedua telapak tangan di depan dada. Angkat badan dan tekuk siku membentuk sudut 900, tahan menggunakan lengan( bagian lengan yang menempel di lantai hanya sampai siku).

Squad
Squad berguna untuk melatih otot kaki. Cara melakukan squad yaitu: posisikan badan berdiri tegap. Pelan-pelan jongkok setelah sampai posisi hampir jongkok segera berdiri lagi. Lakukan gerakan ini dengan posisi tangan di depan dada.

Itulah beberapa latihan yang dapat kalian lakukan di rumah selama pandemi, meskipun terlihat hanya latihan sederhana namun akan sangan berguna missal dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jika kita berlatih dengan benar maka otomatis kebugaran jasmani juga akan meningkat. Jika kebugaran jasmani dan imunitas meningkat maka kita akan terhindar dari covid 19.

Oleh: Edi Dwi Irawan, S.Pd.